Memahami bagaimana mencari sebuah berkas di mesin pencari google

Google adalah salah satu mesin pencari raksasa yang biasa kita gunakan untuk mencari berkas berkas digital baik berupa berkas text, video, audio dan gambar.

sedikit ilustrasi menggunakan mesin pencari google untuk kepentingan pribadi.

1. Saya Ingin mencari dan mengetahui website mana saja, atau blog mana saja yang memuat tulisan tentang "Dompu" atau yang berisi kata tentang "dompu", baik yang menggunakan kata dompu dalam websitenya atau yang memuat dompu dalam kategori serta tulisannya.

dompu
Sekitar 2,590,000 hasil (0.14 detik)



2. Saya ingin mencari dan ingin mengetahui website atau blog mana saja yang menulis atau memuat tulisan tentang 'furkan dompu' atau yang lebih spesifik adalah alamat website.

furkan dompu
Sekitar 3,780 hasil (0.11 detik)



dari beberapa keyword atau kata pencarian diatas dapat disimpulkan dan dibagi pencarian menurut kata "Umum" dan "Khusus"

disini bisa dilihat kalau menggunakan kata "Dompu" adalah kata UMUM dan furkan dompu adalah Khusus, karena lebih dipersempit pencariannanya.

dilihat dari hasil pencarian kalau mencari dompu terdapat 2,590,000 hasil sedangkan mencari kata furkan dompu terdapat 3,780 hasil yang artinya mencari kata khusus akan memperkecil kemungkinan pencarian yang lebih lengkap dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan.

sebelum mencari ada baiknya mengetahui dulu apa yang akan dicari :

keyword / dork / kata pencarian / kata yang ingin dicari adalah kata - kata Umum atau Khusus untuk mencari di mesin pencari, mencari sebuah website atau berkas.

ada beberapa macam berkas di internet yaitu :
a. Berkas text
Berkas text atau tulisan - tulisan pada sebuah website yang berupa artikel, opini yang dimasukan dalam sebuah bahasa website/halaman (.html, .htm, .php) dan tersusun dalam file - file pengolah kata (.pdf, .doc, .docx, .ptt, .pttx, .xls, xlsx, )
b. Berkas Gambar
Berkas Gambar atau File Images yang merupakan gambar dalam sebuah website / situs yang biasanya berformat/berekstensi .jpg, .png, .gif, .jpeg
c. Berkas Video
Berkas Video atau film yang merupakan gambar bergerak yang terdapat audio/suara didalamnya yang biasanya berformat/berekstensi .avi, .mpeg, .mpg, .wmv, .mkv, .3gp,
d. Berkas Audio
Berkas Audio atau berkas suara yang merupakan berkas suara yang biasanya berformat/berekstensi .mp3, .ogg, .wav


brb









Memahami bagaimana mencari sebuah berkas di mesin pencari google Memahami bagaimana mencari sebuah berkas di mesin pencari google Reviewed by Furkan Samadha on 9:25 PM Rating: 5