Membangun perpustakaan online berbasis website

Perpustakaan merupakan sebuah gerbang ilmu pegetahuan yang juga merupakan jantung dari ilmu pegetahuan. Perpustakaan tanpa pengelolaan yang baik akan menjadi perpustakaan yang sepi bahkan tanpa pengunjung.

Perpustakaan di Kabupaten Dompu masih menggunakan sistem Perpustakaan tradisional, umumnya di wilayah Nusa Tenggara Barat. Perpustakaan - perpustakaan sendiri terdapat 4 (empat) jenis sistem yang digunakan yaitu :
1. Tradisional
2. Otomasi
3. Digital
4. Virtual

Dalam menunjang perpustakaan harus melalui proses dari tradisional menuju otomasi tanpa harus meloncat satu langkah tradisional ke digital dengan konsep perpustakaan online berbasis website.

Memang tidak dapat dipungkiri penggunaan sistem otomasi tidak lari dari yang namanya sumber daya, baik uang maupun manusia.

Untuk loncat satu level dari tradisional ke otomasi hanya membutuhkan 2 unit komputer dengan program pustaka didalamnya. Setiap perpustakaan khususnya di kabupaten, atau kecamatan tidak memiliki 1 unit komputer, tinggal menambahkan 1 komputer yang berguna sebagai server. Tinggal bagaimana menjalankan otomasi perpustakaan dengan program yang berbasis OSS (open source software) pada komputer server dan menjalankan aplikasi berbasis web yaitu dengan program SLiMS (Senayan Library Management System) yang berbasis website.

Menjalankan Perpustakaan online berbasis web memang tidak bisa dilakukan pada perpustakaan yang masih menggunakan sistem tradisional, tapi pada perpustakaan tidak mungkin tidak ada satupun komputer. Oleh karena itu perpustakaan online berbasis website di internet dapat dibuat dengan syarat katalog buku yang berisi judul buku, nama pengarang, isbn/issn, tahun terbit, penerbit ada dalam bentuk digital dalam arti sudah ada dalam komputer, tinggal dilakukan sunting seperlunya.

Apa saja yang diperlukan untuk membangun sebuah perpustakaan online :
Program
Program yang digunakan adalah program SLiMS (Senayan Library Management System) disamping dapat menggunakan lewat jaringan LAN dapat juga digunakan untuk di internet (online) dengan dukungan komunitas yang sangat baik serta gabungan perpustakaan dalam komunitas SLiMS dengan UCS (Union Catalog Server) yang menghubungkan perpustakaan-perpustakaan yang menggunakan SLiMS.
Komputer
Komputer merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membantu jalannya Perpustakaan Online berbasis website ataupun perpustakaan otomasi yang hanya menggunakan 2 komputer 1 komputer bertindak sebagai server 1 komputer sebagai client. Komputer ini juga digunakan untuk membuat Bibliography.
Sumber Daya Manusia
Tanpa Sumber daya manusia Perpustakaan Online berbasis website tidak akan berjalan dengan baik tanpa turun tangan dari orang - orang yang memiliki sumber daya serta ingin bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati.
Domain dan Hosting
Domain merupakan sebuah nama di internet yang diakhiri dengan .com (komersil) .net (jaringan) .org (organisasi) .biz (bisnis) .info (informasi) seperti halnya dompu.info merupakan salah satu nama domain di internet dan penggunaan domain yang sesuai dengan nama negara misalnya indonesia .id (indonesia) .co.id (komersil) .net.id (jaringan) .or.id (organisasi) .web.id (personal) .mil.id (militer)

Hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan di internet, untuk menyimpan berbagai macam berkas untuk sebuah domain/situs web baik domain maupun subdomain.

Penggunaan Domain untuk Perpustakaan Online berbasis website dapat menggunakan subdomain dari Dompu.info dengan hosting yang sama dari dompu.info atau dengan hosting lain baik berbayar maupun gratis.


Membangun perpustakaan online berbasis website Membangun perpustakaan online berbasis website Reviewed by Furkan Samadha on 9:08 AM Rating: 5