Convert html ke pdf dengan wkhtmltopdf

Semakin banyak dokumen yang berformat *.HTML (HyperText Markup Language) untuk dijadikan format *.PDF (Portabel Document Format) akan semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan hanya untuk save as pdf.

Dengan wkhtmltopdf yang dapat di download secara gratis di website resminya http://code.google.com/p/wkhtmltopdf/downloads/list. wkhtmltopdf mendukung 3 sistem operasi yaitu Linux, Mac dan Windows, dimana penggunaannya lebih terasa nyaman dengan Linux, karena proses installasi serta convert file html ke pdf dapat menggunakan sebuah scripts.




Install wkhtmltopdf di Ubuntu :

$ sudo apt-get install wkhtmltopdf

untuk menggunakan wkhtmltopdf dapat langsung mengetikan perintah wkhtmltopdf yang diikuti oleh nama file html dan diakhiri dengan nama file berekstensi pdf.

$ wkhtmltopdf daftar.html daftar.pdf

atau dapat dengan format

$ wkhtmltopdf [pilihan] daftar.html daftar.pdf

dimana pada [pilihan] terdapat beberapa pengaturan, seperti jenis kertas yang digunakan (A4, Latter, Legal, dll), serta orientasi kertas (Landscape atau Portrait).

serta dapat menggunakan sebuah skrip bash misalnya dengan nama htmlkepdf

#!/bin/bash
for f in *.html
      do
     wkhtmltopdf -O Landscape "$f" "${f%}.pdf"
done


dimana untuk menjalankan file htmlkepdf  terlebih dahulu diatur agar dapat dijalankan dan dibuatkan link agar dapat dijalankan dimanapun pada direktori aktif.

$ chmod +x htmlkepdf
$ sudo ln -s /home/furkan/htmlkepdf /usr/local/sbin/htmlkepdf

untuk menjalankan convert html ke pdf tinggal mengetikan htmlkepdf yang sebelumnya  sudah masuk kepada direktori atau folder dimana file html berada.



Convert html ke pdf dengan wkhtmltopdf Convert html ke pdf dengan wkhtmltopdf Reviewed by Furkan Samadha on 1:38 AM Rating: 5