Gagal Download di Internet Ini Solusinya.

Pernah mengalami kegagalan dalam cinta?. kali ini bukan tentang cinta, tapi tentang gagal unduh atau bahasa kerennya gagal download, dimana kegagalan dalam download ini disebabkan karena beberapa hal, yang diantaranya adalah koneksi internet tiba - tiba putus.

karena prosesnya gagal sehingga membuat file yang di download menjadi korup bahkan tidak bisa dibuka ditambah lagi akan menampilkan pesan kesalahan.
dalam proses unduh bahkan dengan aplikasi tambahan seperti IDM atau dengan menggunakan Penjelajah Web sekalipun koneksi internetlah yang menentukan, bukan aplikasi download super cepat.

Ketika Penjelajah web gagal dalam mengunduh file yang sudah dalam proses unduh namun gagal, hal yang harus dilakukan adalah melanjutkan untuk mendapatkan file yang sama karena terhenti atau gagal download.
 
 

Download Video dengan wget
Untuk mengatasi gagal unduh yang harus dilakukan adalah melanjutkan untuk mendapatkan file yang sama atau resume yang biasanya sudah tersedia pada aplikasi download, maupun pada penjelajah web dengan cara klik kanan pada file yang gagal kemudian pilih Retry.

Ketika klik Retry beberapa hal dapat terjadi diantaranya adalah file yang di download akan dilanjutkan sampai 100%, hal lain yang terjadi ketika Retry dijalankan, file yang di download akan di download dari awal, sehingga file yang tinggal 50% atau tinggal 99% akan dimulai dari 0. Menggunakan Linux atau Windows  maupun Sistem Operasi lain dapat meminimalisir terjadinya gagal download apabila resume atau lanjut download dapat dijalankan dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti wget.

Bagaimana agar file yang gagal download dapat dilanjutkan kembali menggunakan wget?

 
wget merupakan aplikasi ringan dengan metode memasuk text perintah untuk menjalankannya.

Ketika Gagal Download Terjadi setiap File yang gagal ada alamat Link yang mengarah ke file tersebut, apapun bentuk maupun ekstensi dari file tersebut, untuk melihat alamat tersebut klik kanan pada file kemudian klik Copy Download Link

Hasil Copy dapat di paste terlebih dahulu ke pengolah text.

Copy Download Link dan paste pada pengolahan data untuk menyimpan alamat


File Download yang belum selesai  akan berakhiran *.part atau berakhiran sesuai dengan yang di download misalnya disini adalah *.mp4 dimana file tersebut sudah jadi namun belum 100% agar dapat dilanjutkan ubah nama file tersebut atau copy, karena apabila sebelumnya gagal file yang kemudian di batalkan downloadnya akan hilang, sehingga terdapat file cadangan untuk dilanjutkan.

ketika file download di batalkan maka file *.part akan terhapus

Seperti yang ditulis diatas bahwa menggunakan wget dengan mengetikan text untuk menjalankan aplikasi, merupakan keharusan untuk mengetahui beberapa perintah - perintah untuk memudahkan proses download khususnya menggunakan perintah text dengan menggunakan terminal pada Linux atau Command Prompt (cmd) pada Windows.

dengan bermodal Alamat Link file yang sudah disimpan sebelumnya, serta cadangan file download tadi yang sudah di persiapkan, tahap selanjutnya adalah menjalankan wget untuk melanjutkan proses download agar file yang didownload sempurna terdownload 100%.


resume download dengan menggunakan opsi -c

Menggunakan wget untuk download dapat mempermudah dengan daftar link yang ingin di download menggunakan opsi -i dimana dalam sebuah file *.txt disimpan alamat file yang ingin di download.

Perintah resume download dengan wget:

wget "Alamat-Download-URL-mp4-mkv-jpg-png" -O "Nama-File-Hasil-Download" -c


wget -> Aplikasi yang digunakan atau perintah yang digunakan download
"Alamat-Download-URL-mp4-mkv-jpg-png" -> alamat url misal: http://furkan.dompu.info/2012/05/download-lagi-dengan-wget.html
 -O "Nama-File-Hasil-Download" -> -O untuk Output ke nama file atau disimpan dengan nama
 -c -> Lanjut download





Gagal Download di Internet Ini Solusinya. Gagal Download di Internet Ini Solusinya. Reviewed by Furkan Samadha on 7:34 PM Rating: 5